Thursday, August 26, 2010

Pengertian Difusi dan Osmosis

Pengertian Difusi dan Osmosis

Difusi adalah perpindahan suatu substansi dari tempat yang konsentrasinya tinggi ke tempat yang konsentrasinya rendah. Osmosis adalah proses difusi air dari tempat yang konsentrasinya tinggi ke konsentrasinya rendah yang melewati sebuah membran permeabelDjawad,dkk,2007). Osmosis adalah kasus khusus dari transpor pasif, dimana molekul air berdifusi melewati membran yang bersifat selektif permeabel.

Dalam sistem osmosis, dikenal larutan hipertonik (larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut tinggi), larutan hipotonik (larutan dengan konsentrasi terlarut rendah), dan larutan isotonik (dua larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut sama). Jika terdapat dua larutan yang tidak sama konsentrasinya, maka molekul air melewati membran sampai kedua larutan seimbang. Dalam proses osmosis, pada larutan hipertonik, sebagian besar molekul air terikat (tertarik) ke molekul gula (terlarut), sehingga hanya sedikit molekul air yang bebas dan bisa melewati membran. Sedangkan pada larutan hipotonik, memiliki lebih banyak molekul air yang bebas (tidak terikat oleh molekul terlarut), sehingga lebih banyak molekul air yang melewati membran. Oleh sebab itu, dalam osmosis aliran molekul air adalah dari larutan hipotonik ke hipertonik .

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 comments to “Pengertian Difusi dan Osmosis”

Post a Comment

 

Copyright © 2010 Definisi. Network to Biografi | Pengertian Definisi. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogger Template. Thank to Media Pembelajaran .